Mengetahui 31 pasang Saraf Spinal dan fungsinya

Sekarang kita akan membahas tentang saraf spinal, di post sebelumnya kita telah mmbahas tentang 12 pasang saraf kranial dan fungsinya.
Baca Juga :
            Saraf Spinal berjumlah 31 pasang saraf spinal yang keluar dari medulla spinalis, dimana medulla spinalis adalah bagian yang paling penting dalam menghubungkan otak dengan tubuh kita, begitupun sebaliknya. Bagaimana tidak medulla spinalis sebagai tempat keluarnya serabut-serabut saraf spinalis adalah jalan dimana anggota tubuh bagian gerak atas dan bawah bisa melakukan gerakan yang diperintahkan dari otak, begitupun juga dengan sekresi organ tubuh. Semua saraf spinalis adalah saraf campuran. Adapun jumlah saraf spinalis mulai dari atas ke bawah adalah 8 pasang saraf cervical (C), 12 pasang saraf thoracalis (T), 5 pasang saraf lumbalis (L), 5 saraf sacralis (S) dan 1 pasang saraf cocygeus (C).
NAMA DAN FUNGSI DARI 31 PASANG SARAF SPINAL :
1.       Nervus hipoglossus : Nervus yang mempersarafi lidah dan sekitarnya.
2.      Nervus occipitalis minor : Nervus yang mempersarafi bagian otak belakang dalam trungkusnya.
3.      Nervus thoracicus : Nervus yang mempersarafi otot serratus anterior.
4.     Nervus radialis: Nervus yang mempersyarafi otot lengan bawah bagian posterior,mempersarafi otot triceps brachii, otot anconeus, otot brachioradialis dan otot ekstensor lengan bawah dan mempersarafi kulit bagian posterior lengan atas dan lengan bawah. Merupakan saraf terbesar dari plexus.
5.      Nervus thoracicus longus: Nervus yang mempersarafi otot subclavius, Nervus thoracicus longus. berasal dari ramus C5, C6, dan C7, mempersarafi otot serratus anterior.
6.     Nervus thoracodorsalis: Nervus yang mempersarafi otot deltoideus dan otot trapezius, otot latissimus dorsi.
7.      Nervus axillaris: Nervus ini bersandar pada collum chirurgicum humeri.
8.     Nervus subciavius: Nervus subclavius berasal dari ramus C5 dan C6, mempersarafi otot subclavius.
9.     Nervus supcapulari: Nervus ini bersal dari ramus C5, mempersarafi otot rhomboideus major dan minor serta otot levator scapulae.
10.  Nervus supracaplaris: Berasal dari trunkus superior, mempersarafi otot supraspinatus dan infraspinatus.
11.    Nervus phrenicus: Nervus phrenicus mempersyarafi diafragma.
12.   Nervus intercostalis
13.   Nervus intercostobrachialis: Mempersyarafi kelenjar getah bening.
14.  Nervus cutaneus brachii medialis: Nervus ini mempersarafi kulit sisi medial lengan atas.
15.   Nervus cutaneus antebrachii medialis: Mempersarafi kulit sisi medial lengan bawah.
16.  Nervus ulnaris: Mempersarafi satu setengah otot fleksor lengan bawah dan otot-otot kecil tangan, dan kulit tangan di sebelah medial.
17.   Nervus medianus: Memberikan cabang C5, C6, C7 untuk nervus medianus.
18.  Nervus musculocutaneus: Berasal dari C5 dan C6, mempersarafi otot coracobrachialis, otot brachialis, dan otot biceps brachii. Selanjutnya cabang ini akan menjadi nervus cutaneus lateralis dari lengan atas.
19.  Nervusdorsalis scapulae: Nervus dorsalis scapulae bersal dari ramus C5, mempersarafi otot rhomboideus.
20. Nervus transverses colli
21.   Nervus nuricularis: Nervus auricularis posterior berjalan berdekatan menuju foramen, Letakanatomisnya: sebelah atas dengan lamina terminalis.
22. NervusSubcostalis: Mempersarafi sistem kerja ginjal dan letaknya.
23. Nervus Iliochypogastricus: Nervus iliohypogastricusberpusat pada medulla spinalis.
24. Nervus Iliongnalis: Nervus yang mempersyarafi system genetal, atau kelamin manusia.
25. Nervus Genitofemularis: Nervus genitofemoralis berpusat pada medulla spinalis L1-2, berjalan ke caudal, menembus m. Psoas major setinggi vertebra lumbalis ¾.
26. Nervus Cutaneus Femoris Lateralis: Mempersyarafi tungkai atas, bagian lateral tungkai bawah, serta bagian lateral kaki.
27. Nervus Femoralis: Nervus yang mempersyarafi daerah paha dan otot paha.
28. Nervus Gluteus Superior: Nervus gluteus superior (L4, 5, dan paha, walaupun sering dijumpai percabangan dengan letak yang lebih tinggi.
29. Nervus Ischiadicus: Nervus yang mempersyarafi pangkal paha,
30. NervusCutaneus Femoris Inferior: Nervus yang mempersyarafi bagian (s2 dan s3) pada bagian lengan bawah.
31.   Nervus Pudendus: Letak nervus pudendus berdekatan dengan ujung spina ischiadica. Nervus pudendus, Nervus pudendus menyarafi otot levator ani, dan otot perineum(ke kiri / kanan ), sedangkan letak kepalanya dibuat sedikit lebih rendah.
PENUTUP : Meskipun medulla spinalis merupakan hanya sekitar 2% dari sistem saraf pusat (SSP), fungsinya sangat penting. Pengetahuan tentang anatomi vertebrae secara fungsional memungkinkan untuk mendiagnosa sifat dan lokasi kerusakannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa di SHARE keteman-temen yang membutuhkan dan apabila ingin mendapatkan pemberitahuan langsung lewat email tentang posting-postingan terbaru tekan SUBSCRIBE yang berada di pojok kanan atas.

Komentar