Sejarah Keilmuan Fisioterapi Dunia

Keilmuan fisioterapi memiliki sejarah yang sangat panjang dan telah mengalami beberpa tahap perubahan hingga menjadi profesi kesehatan modern seperti yang kita kenal saat ini. Jauh sebelum penanggalan Masehi berlaku, fisioterapi sudah lebih dulu ada.
Hippocrates (460-377 SM), the father of medicine, yang lahir di sebuah pulau bernama Cos, adalah seorang dokter berkebangsaan Yunani, dan Claudius Galenus dari Pergamum (129-200 SM), lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Galen, adalah seorang dokter (atau tabib) dari Yunani kuno. Ia memiliki pengaruh besar dalam kedokteran Eropa. Seorang dokter yang mengikuti prinsip Hippocrate mulai mempraktikkan pijat atau massage untuk merawati berbagai jenis luka fisik dan penyakit. Galen percaya dalam latihan, istirahat, diet,dan pijat adalah sebagai sebahagian integral dalam memulihkan dan menjaga kesehatan tubuh.
Setelah adanya pengembangan pediatric pada abad ke-18, alat-alat mesin seperti gimnasticon dikembangkan untuk terapi encok dan dan keluhan sejenis lainnya melalui pemberian latihan secara teratur pada sendi-sendi yang mengalami gangguan. Fisioterapi telah lahir di Eropa sejak abad 18 dan lahir di Belanda pada tahun 1887, di Amerika pada tahun 1917 dan di Indonesia pada tahun 1965.
Dokumen asli yang pertama ditemukan tentang praktik fisioterapi secara professional adalah yang dibuat oleh Per Henrik Ling, “Bapak Gimnastik Swedia”, yang mendirikan RCIG (Royal Central Institut of Gimnastic) pada tahun 1813 untuk terapi massage (pijat), manipulasi danexercise (latihan). Panggilan yang digunakan orang Swedia untuk fisioterapis pada saat itu adalah “sjukgymnast” = “sick-gymnast”. Pada tahun 1887 fisioterapi memperoleh pengakuan secara resmi (official registration) oleh Sweden’s National Board of Health and Welfare. Setelah itu negara lainnya menyusul. Pada tahun1894 empat orang perawat di Britania Raya membentuk Chartered Society of Physioterapy.
Negara-negara lain segera mengikuti dan memulai program pelatihan formal, seperti Sekolah Physiotherapy di Universitas Otago di Selandia Baru di tahun 1913, dan di Amerika tahun 1914 di Reed College, Portland, Oregon. Penelitian pertama fisioterapis di publikasikan pada maret 1921 dalam PT review. Pada tahun yang sama Mary McMilan membentuk Physical Therapy Association, sekarang disebut American Physical Therapy Association (APTA). Di tahun 1924, Georgia Warm Springs Foundation mempromosikan fisioterapi sebagai perawatan terhadap penyakit polio. Perawatan sampai tahun 1940 terutama semata terdiri dari latihan, pijatan, dan traksi. Prosedur manipulatif pada tulang belakang dan sendi ekstrimitas mulai untuk dipraktekkan, terutama di negara-negara Persemakmuran Inggris, pada awal 1950-an. Pada dekade berikutnya, fisioterapis memulai bergerak ke praktik diluar rumah sakit, ke pasien rawat jalan klinik bedah tulang, sekolah negeri, universitas, pengaturan berkenaan dengan geriatrik ( fasilitas keterampilan merawat), pusat rehabilitasi, rumah sakit, dan pusat medis.
Spesialisasi untuk fisioterapi di U.S. terjadi tahun 1974, pada bidang Orthopedic dari APTA untuk fisioterapis yang mengkhususkan spesialisasi di Orthopedic. Di tahun yang sama, International Federation of Orthopaedic Manipulative Therapy dibentuk, yang telah memainkan suatu peran penting di dalam mempercepat therapy manual yang di seluruh dunia yang pernah ada. Sampai saat ini fisioterapi terbagi-bagi ke beberapa bidang spesialisasi karena ilmunya yang luas spesialisasi itu meliputi cardiopulmonary, geriatric, neurological, ortopedik, pediatrik, dan integumentary.
Makin banyak kalangan medis yang merekomendasikan fisioterapi sebagai pengobatan beragam jenis penyakit. Puncaknya terjadi pada 1951, ketika 11 negara setuju membentuk asosiasi fisioterapis dunia yaitu World Confederation of Physical Therapy (WCTP). 11 negara itu adalah:
1.     Australia
2.     Kanada
3.     Denmark
4.     Finlandia
5.     Inggris
6.     Selandia Baru
7.     Norwegia
8.     Afrika Selatan
9.     Jerman
10.  Swedia
11.   Amerika Serikat
Saat ini di Amerika Serikat, fisioterapi berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu dalam 10 profesi yang paling signifikan perkembangannya. Dan tentu saja cukup bergengsi. 

Komentar